Thursday, August 14, 2008

Women Driver

Kenapa di depannya mesti ada kata women ya? Bukan maksudnya diskriminasi, tapi dari hasil pengamatan gue, ternyata memang ada bedanya antara supir cowok dan cewek. Gue terinspirasi buat nulis ini setelah beberapa kali naik busway dan dapet supir cewek.

Karena jam sampe di Blok M hampir selalu sama setiap hari (plus minus 5 menit deh), seringkali dapet supir yang itu2 juga. Gue udah mulai ngenalin beberapa orang supir yg berangkat dari terminal blok m di jam segitu. Trus, diantara banyak supir2 itu, ada satu supir cewek. Udah beberapa kali pula di supirin sama dia, jadi gaya nyetirnya udah mulai ketangkep sama gue. Dia seneng dengerin lagu kalo lagi nyetir. Dan percaya atau nggak, ternyata supir-supir yang cowok mostly (gue gak bilang semua yaaa...) nyetirnya lebih halus lho dari si cewek itu. Ancang-ancang kalo ngerem juga lebih jauh, jadi penumpang gak pada ngusruk ke depan kalo si supir itu ngerem kyk yg dialamin sama penumpang di bus gue tadi pagi (Gue, syukur Alhamdulillah, dapat kursi krn naik dari Blok M. Kalo naik dari terminal lain sih ya alamat ngusruk juga).

Satu hal lagi yg ngebedain adalah dia lebih sering main klakson. Nah kalo yang ini, gue ngaku deh, gue juga gitu kalo nyetir. Terutama kalo ketemu mikrolet atau metro mini yang berhenti naik turunin penumpang seenaknya apalagi kalau dia udah ngetem seenak udelnya. Wadoh, itu sih langsung aja klakson gue 'tak pencet sekeras-kerasnya pas di sebelah supir (fyi, klakson si jago merah gue maut banget, blaaaarrr gitu lho. Budek budek deh, yg berdiri pas di sebelah mobil pas klakson bunyi) walau abis itu dapat hadiah pelototan mesra dari si supir. Bukan apa-apa, gue paling gak demen sama orang yang gak peduli sama hak orang lain. Dengan berhenti sembarangan dan bikin macet kan dia gak peduli ya sama hak pengendara di belakangnya.

Nah, balik ke si supir busway cewek itu, gue perhatiin dia tuh dikit-dikit klakson, dikit2 klakson. Kebayang kan suaranya klakson bis segede-gede bagong gitu? Kalo mau tau rasanya diklakson busway, bisa tanya ke Aas. Ya nggak As? Hehehe.... Emang sih kalo ada mobil n motor yang tau-tau nyelonong ya bisa bahaya juga kalo didiemin aja. Perlu juga dibilangin, biar balik ke jalannya yang benar. Entah kenapa kalo cowok yang nyetir kok rada males ya buat mencet klakson. My hubby, for example. Dia akan ngomel kalo ada yang nyelonong di depan dia, tapi jarang mengklakson. Akhirnya gue sebagai penumpang yang terdekat dgn klakson setelah supir (maksudnya duduk di sebelah dia, gitu lho. Kalo lagi duduk di belakang ya nggak la yaw) yang harus ngewakilin dia mencet itu klason. Biasanya sih didiemin aja sama doski. Tapi seringkali ditepak juga tangan gue. Ngeganggu aja, katanya. Lho, dibantuin kok nolak sih?

Perkara pencet memencet ini sedikit banyak gue dapet dari nyokap. Buat yang belum tau, ortu gue tuh hobinya jalan. Jalan kemana aja, gak mesti keluar kota apalagi luar negeri (berat diongkos itu sih. Hehehe...). Jadi kyknya tak ada hari tanpa keluar rumah. Seringnya sih mereka pergi berdua, bokap yang nyetir mobil. Kalopun anak cucu ikut, tempatnya di jok belakang. Jok depan mostly occupied by my mom. Alasan beliyaw, kan sekalian jadi asisten supir. Kalo supir minta minum ato makan, asistennya a.k.a nyokap bisa langsung mensuplai. Begitchu. Oke, itu alasan resminya. Alasan gak resmi, nyokap gue itu orangnya panikan banget. Bokap bawa mobil kencengan dikit, mendadak dia kayak orang kepedesan langsung sh sh shhh gitu. Apalagi kalo bokap udah main salip sana sini (jangan salah, biar rambutnya udah putih semua, bokap gue masih gape banget nyetirnya). Kalo udah begini, tangannya deh mulai bergerak, nyubit paha supir. "Habis kan ibu gak bisa nginjek rem. Ini aja rem-nya," Itu pembelaan dirinya.

Selain nyubit, nyokap juga paling hobi mencet klakson. Kalo gak salah, duluuuuuu.... waktu kita2 masih kecil, bokap sering juga sih protes krn merasa keganggu (hhhmmmm.... kyk menantunya berarti, ya?). Tapi seiring dengan berjalannya waktu (halah, jadi jayus gini bahasanya), akhirnya dia pasrah dan ngebiarin aja klakson diambil alih nyokap. Nah jeleknya, cucunya (ANAK GUE, Bo') ngeliat kebiasaan neneknya itu trus ngikutin! Nah lho, mo marah gak sih laki gue? Udah lah bininya suka klakson2, eeeehhhh.... anaknya juga ikut2. Eit, anak gue gak ngikutin gue lho. Dia ngaku sendiri niruin nenek. Hehehe.... Maklum lah cucu pertama, biar udah segede gitu kalo naik mobil sama nenek masih duduk di kursi depan bertiga sama nenek-inyiknya (untung gak pernah distop polisi krn duduk di jok depan bertiga). Tapi akibatnya begitu deh, tanpa banyak tanya, semua tindakan neneknya ditiru. Termasuk mencetin klakson.

Dulu waktu gue belon bisa nyetir dan nyokap masih gape, kemana-mana nyokap nyetir sendiri, terutama waktu bokap ditugasin di balikpapan. Heboh aja kalo liat nyokap nyetir.
Tancap gas.
Metromini disalip.
Begitu lampu hijau, mobil langsung loncat.
Klakson sekenceng-kencengnya pas ada yang nyalip.
Tiba-tiba rem mendadak karena ada orang yang nyeberang, atau
Nggak jadi belok karena pas liat kaca spion di belakang ada truk gede banget
(kalo diledekin, doski selalu bilang perasaannya tu truk bakal nabrak kalo dia belok di depannya. Duileee... truk juga punya rem, kali).
Sementara tangan sibuk nyetir, mulutnya juga gak kalah sibuk ngomel, apalagi kalau ada orang atau kendaraan lain yang nyelonong di depan dia. Ibu2 banget deh pokoknya.

Kalo gue? Yah, nggak jauh beda deh. Kalo dipikir-pikir, mungkin begitulah perempuan kalo nyetir. Tapi kalo gue sih gak pake ngomel, kok. Karena gue sibuk nyanyi sambil nyetir. Hihihi... Kadang pake goyang-goyang dikit kalo lagunya pas enak. Trus, kalo lagi telat dan dari rumah belom dandan, sempet-sempetin bedakan n pake lipstik sambil nyetir. Hehehehe....Eit, tapi gini-gini gue gak pernah nabrak mobil lain, lho. Nabrak tembok pernah, yaitu tembok garasi rumah. Itu pun karena parkirnya mundur terus emang suasana hati lagi bete banget.

Yang pasti, gue jenis supir yang gak ragu ambil kesempatan. Kalo ada celah di depan, langsung gue tubruk. Kalo di lampu merah dan udah kuning, gue injek gas. Nah, dua hal ini bertolak belakang sama cara nyetir suami. Kalo dia, alon-alon asal kelakon (jawa abis deh). Liat lampu udah kuning, siap-siap nge-rem. Alasannya, kalo ada polisi, kita bisa kena tilang. Tapi kalo dilihat-lihat, dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal pekerjaan, gaya kami juga begitu. Dia hati-hati sekali dalam menapaki karir. Gak gampang tertarik ke peluang lain yang menurut gue lebih baik. Sementara gue, kalo ada kesempatan di depan mata, langsung samber. Resikonya pikirin nanti. I mean, kadang kesempatan gak datang dua kali, kan? Itu sebabnya rentang karir gue lebar banget, sementara si mas terus jalan di jalur yang udah dia jalanin sejak lulus kuliah dan masuk dunia kerja. Mungkin itulah beda cowok dan cewek, baik dalam hal menyetir ataupun yang lainnya. Ya nggak?


No comments: