Tuesday, August 05, 2008

Isn't it Ironic?

Istirahat makan siang, kebetulan hari ini makan sendirian karena teman sekantor yang biasa makan bareng belum selesai dengan urusannya di bank. Daripada iseng, kembali ke kebiasaan jelek dari kecil yang selalu jadi bahan omelan nyokap kalo beliau ngeliat gw ngelakuin ini: baca sambil makan. This time, baca koran yang tadi pagi belum selesai dilahap.

Di suapan ke-2, gak sengaja mata ngeliat artikel kecil di pojok atas rubrik sekilas metro. Judulnya guru banten belum terima gaji selama 5 bulan. Asli, itu nasi yang udah siap ditelen jadi berhenti di leher. Kebayang gimana susahnya para guru yang pendapatannya gak seberapa itu harus lintang pukang cari pinjaman kesana kemari untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Kenapa gw bisa bilang begitu? Karena gaji gw yang pertama kemaren dibayarnya telat walaupun gak setelat mereka.

Sebelum gajian, gw udah ngerancang pengeluaran ini itu tanggal segini dan segitu. Ternyata sodara2, boro2 akhir bulan, sampe kemaren juga belum keluar duitnya. Kalang kabut deh, terutama temen sekantor (hei, I didn't mention any names here. Don't strangle me) yang anak kos. Kata sang pemberi sih, itu karena alur perjalanannya yang panjang. Kenapa panjang? Karena status kami sekarang masih di bawah pemerintah Indonesia dalam hal ini BNPB (Badan Nasional Penanganan Bencana). So walaupun yang ngasih gaji adalah UNDP, tapi tetep lewat pemerintah.

Jadi urutannya gini: kami kirim attendance sheet ke UNDP. Sama UNDP, dibuatin cek trus dioper ke Bappenas minta tanda tangan pejabatnya. Dari situ, dioper ke bagian NPM SCDRR (don't ask me what the hell that is. Mene ketehe?). Setelah semua tanda tangan lengkap, balik lagi ke UNDP, trus baru deh duitnya ngucur. Paaaaaanjaaaaangggggg dan laaaaamaaaaa.... Itulah birokrasi.

Seumur2 gue jadi pegawai, baru kali ini ngeliat rantai gaji yang segitu rumitnya. Perasaan dulu di LIA gak gitu2 amat. Gajian tanggal 25. Bahkan kadang tanggal 23 sore udah bisa diambil (itu kalo tanggal 25 jatuhnya hari minggu). Waktu nerjemahin film.......... Walau ada beberapa kali keterlambatan, tapi biasanya sih gak jauh2 amat dari tanggal 1. Yang kali ini rekor deh, tanggal 5 siang baru muncul.

Tapi, semua omelan gw menguap pas baca artikel di koran itu. Duuh... ditunda 5 hari aja udah kayak nunggu bisul di bokong pecah (pernah ngerasain kayak gitu? Sama, gw jg gak pernah sih). Apalagi 5 bulan! Kok ya tega banget orang2 yang nahan gaji para guru bantu itu. Mending banyak, pula. Gaji guru gak tetap, gitu lho. Tapi sampe 808 orang yang nasibnya terkatung-katung begitu. Trus temen sekantor nyeletuk, udah gitu, mereka nggak mogok lho. They keep on teaching, walau sambil menahan lapar. Coba, gimana gak terharu dan ilang selera makan jadinya? Para ibu dan bapak guru yang mulia, semoga Allah meringankan beban kalian dan membalas budi baik kalian. Kalaupun gak di dunia, semoga di akhirat nanti deh. Amiiinn...

Nerusin baca koran, tiba-tiba lihat artikel yang menuliskan tersangka Azirwan (udah tau dong, gak perlu di klarifikasi lagi) mengaku memberi uang 2,250 milyar pada Al Amin. Dua koma dua lima milyar, bo'! Duit sebanyak itu buat nyogok? Kalo dipake buat bayar gaji2 para guru bantu itu, udah berapa orang yang tertolong nasibnya selama beberapa tahun, yak? Sontak perasaan sedih gw langsung beralih jd sewot. Ditambah semalam baru lihat tayangan KPK di Trans TV yang ngebahas kasus Azirwan-Al Amin ini. Gimana mereka ketemu di bar hotel Ritz Carlton yang mewahnya naujubillah itu. Gimana mereka masing2 didampingin 2 cewek yg gak jelas identitasnya. Trus Al Amin dan satu cewek keluar ke lorong WC, trus tu cewek manggil Azirwan, yg terus nemuin Al Amin di lorong WC dan ngasih duit. Trus Al Amin ngasih surat2 ke Azirwan, dst, dst. Ada saksi mata pula, satpam hotel/bar. Tapi para tertuduh itu masih terus menyangkal kejahatannya. Duuuhhh... gemes banget deh. Sampe kapan sih kondisi kyk gini akan terus berlangsung di Indonesia? Yang miskin makin terpuruk nasibnya. Yang kaya makin keblinger. Pingiiiiinnnnn deh punya duit buanyaaaakkkk biar bisa bagi-bagiin ke orang miskin (hhhhmmppphh..... Mimpi kali yeee...)

No comments: