Saturday, August 30, 2008

And the journey begin....

Yuhuuuu.... I'm back! Aaaahhhh...... nikmatnya tidur di kamar sendiri, gak perlu mikir report, kerjaan buat besok, sambil dipeluk sama my dearest daughter. I'm telling you, gak ada yg ngalahin rasanya deh. Oya, pesawat dari Bangkok mendarat jam setengah 6. Jam setengah 7 kami keluar dari bandara, naik taksi, pulang sampe rumah jam 8. Oya, sempet jemput anak2 dulu di rumah neneknya krn udah gak ku ku euy kangennya.

Tapi kyknya saya harus cerita dari awal perjalanan deh. Karena....... perjalanan ini terasa sangat menyedihkan. Sayang engkau tak duduk disampingku kawan. Halah, apaan sih, malah nyanyi. Yo wis, fasten your seat belt and enjoy the ride yaaa...

Jadi, di hari minggu tanggal 24 itu kami memulai perjalanan masing-masing. Kenapa kami? Karena saya dan suami sama-sama dapat penugasan ke luar negeri dari kantor. Dia ke Singapore trus Malaysia trus Singapore, saya ke Pattaya, Thailand. Dia berangkat habis subuh, pesawat saya jam 10 malem boarding. Dia pulang minggu tanggal 31, saya sabtunya tanggal 30 agustus. Dia laki-laki, saya perempuan. Ups, itu mah gak usah disebutin lagi ya.

Aduh ini si adek bikin susah ngetik aja deh. Geli banget sih hidung dikelitikin rambutnya begini. Okeh, lanjut.

Nah, malam senin itu, saya ke Soekarno-Hatta diantar nenek-inyik dan anak-anak. Tadinya mau sampe blok M aja, trus naik damri. Ternyata oh ternyata, I just missed the last bus to the airport. Ya sud, dilanjut deh ke cengkareng. Sampe bandara jam 8. Langsung mau check in. And that's' when the problem start. Kata petugas di belakang counter, saya gak bisa terbang karena masa expired passport-ku tinggal 2 bulan lagi. What the $*%@? Saya berusaha meyakinkan mereka bahwa kyknya gak masalah karena saya notabene diundang pemerintah Thailand dan waktu orang ASEC ngebeliin tiket itu kan pasti mereka liat tp gak ada komentar which means that everything is still in order (which proves wrong, karena ternyata peraturannya adalah batas minimal expired date passport untuk diperbolehkan keluar negeri adalah 6 bulan. They show me the book to convince me). Waktu saya paksa2 buat ngijinin saya berangkat, petugas itu bilang mereka akan dapat masalah, pihak Thai akan nolak saya, dan Garuda-nya akan dapat denda. "Emang ibu mau bayar dendanya?" tanya si mbak itu rada2 judes.

Alamaaaakkkk.... bumi serasa gonjang ganjing. Sang kala murka. Hasrat akan binasa (begini deh kalo kelamaan gak ketemu blog. Tulisan jadi gak karu karuan. Maap, maap. I'll try to behave myself in the next paragraph). Setelah kebingungan setengah mati jungkir balik maju mundur lompat kodok jalan kayang (masih belum behave jg ya? Kekekeke....), akhirnya saya kepikiran buat menghubungi si Babe, julukan kami buat the Boss. Langsung aja saya pencet nomor telpnya, trus kriiiinggg.... Alhamdulillah, nyambung. Ya? Ada apa? Katanya dengan suara ngantuk. Hhmmm.... naga2nya lagi tidur nih dibangunin suara telpon. Ah, biarlah. Ini kan emergency situation toh? Tanpa ba bi bu, saya langsung curhat sama dia dengan kecepatan cahaya. Bukan apa-apa bo', doski kan lagi di bangkok, gitu lho. Berapa bayarnya yak buat nelpon dr handphone begitu? Hehehe.... masih aja yak ngitungin duit. Nggak kok, bukan karena itu. Saya ngomong cepet banget karena emang lagi panik banget. Bayangin aja, perjalanan yang udah direncanakan jauh-jauh hari begitu harus batal satu jam sebelumnya karena some silly willy ignorance, konyol banget kan?

Setelah beliyaw paham siapa yg menelpon (ya, setelah saya berondong dengan kisah itu, dia nanya dulu ini siapa ya?) dan ada apa, do you know what his reaction was? Dia cuma bilang begini, masih dengan nada ngantuknya, wah kalo gitu ya gak bisa berangkat. Mau gimana lagi, toh? Susah kalo GARUDA-nya gak ngijinkan. HAAAHH!!! That's IT? Saya masih belum percaya pendengaran, saya minta alternatif dengan tanya nomor2 telepon Dina (orang ASEC), Fenny (temen sekantor yang udah di bangkok juga) atau Emil (orang Deplu). Dengan santainya dia jawab, wah saya gak tahu nomor mereka. Ini sekarang lagi di hotel di Pattaya, lagi tidur. Fenny sama Dina kayaknya masih di jalan dari bangkok kemari. Saya sempat tertegun, tapi I know a dead end when I see one, jadi ya udah, saya bilang aja oke deh pak. Ntar saya cari jalan keluar sendiri. Maaf mengganggu. Saya putusin hubungan telepon.

Gila aja deh, segitu doang tanggepannya denger anak buahnya dapet kesulitan kayak gitu. If I were him, saya akan sangat prihatin dan berusaha sekuat tenaga buat kasih jalan keluar. Duh, jangankan anak buah, temen aja kalo dapet masalah kayak gitu pasti akan saya bantuin sebisanya deh. Kalopun gak bisa bantu, senggaknya tunjukin empati dikit napah! Trus saya sama Audi cengok berdua gitu, berusaha cari jalan keluar.

Tiba2 aja saya dapat pencerahan. Dari omongan si petugas, saya tangkap kesimpulan bahwa mereka takut timbul masalah kalau saya dibiarin terbang, not that saya gak akan bisa terbang. Trus saya punya ide buat nguhubungin CP dari Thailand yang namanya Arun Pinta, yang kebetulan nomor HP-nya dicantumin di undangan acara. Untung bisa langsung nyambung. Trus saya terangin semuanya. Dia nenangin saya, bilang bahwa there won't be any problem. Terbang aja, imigrasi di bangkok gak akan nahan saya kok. Saya bilang, orang garuda-nya gak percaya. Trus dia minta dihubungin ke petugas garuda. Langsung saya ngacir ke dalam counter garuda, cari supervisor buat ngomong sama Khun Arun. Tadinya petugasnya garuda yang nggak percaya gitu pas saya bilang saya sedang online sama pejabat di Thailand, dan pejabat itu minta ngomong sama dia. Saya paksa aja dia ambil HP saya n bicara sama Arun. Terus mereka bicara sebentar, trus dibalikin tu Hp ke saya. Kata Arun, It's OK. I've told them that there would be no problem if they let you in. Just get on your plane. Fiuuuuhhhh..... Legaaaa banget rasanya. Tp ternyata itu belum selesai. Saya harus bikin surat pernyataan bahwa semua resiko saya tanggung sendiri kalau saya tetap berangkat. Pake materai. Saya ya nggak siap bawa materai. Jadi lari dulu keluar cari tukang rokok (maksudnya counter yg jual macem2 termasuk rokok) di lobby bandara. Di counter yang didepan tempat check in ternyata gak punya persediaan. Lari lagi ke Gate sebelahnya. Gak ada juga, coba gate satunya. Dan Alhamdulillah ternyata ada. Sambil terengah2 (lari2 ke 2 gate, bo'. Lumayan, olahraga malem), saya balik lagi ke check in counter. Tanda tangan surat, difotokopi, dan check in deh. Huaaaaaa...... *narik napas lega.

Setelah keluar sebentar buat pamit sama keluarga, saya dan Audi langsung masuk boarding. Udah jam 9 malem. Pas lagi nunggu sambil sms-an sama temen, tau-tau ada suara yang udah lamaaaaaa.... banget gak saya dengar, negor saya. Ya ampyuuuunnnnn, temen di Fisika, Agung yang bukan suami saya alias pak Kyoku, yang seangkatan di atas saya. Memang mereka sekeluarga sedang tinggal di Bangkok karena si Agung itu ditugasin di sana. Ya udah deh, jadi reuni kecil2an, ngobrol ngalor ngidul. Ngegosipin temen2 (jadi inget, ada yang kudu di clarify neeeh kayaknya. Hehehehe....). Trus naik pesawat n terbang deh kita jam 10 malem.

Sampe di Bangkok jam 1.30. Pas mau keluar dari imigrasi, saya wanti2 Agung supaya jangan jauh-jauh dulu, just in case saya perlu pinjam hp dia untuk contact Arun lagi karena Hp saya belum international roaming. Terus Agung lewat imigrasi. Trus saya maju. Selama petugas memeriksa paspor, saya teruuuussssss aja doa dengan khusyu' dalam hati supaya he overlook everything. Setelah 5 menit paling menegangkan dalam hidup saya, akhirnya passport dikembalikan tanpa komentar dan saya dipersilahkan lewat. Just like that.

Syukur Alhamdulillahi robbil Alamiiiinnnnn.... La haula wala quwwata illa billah. Allah maha Besar, maha Menolong kesulitan hambaNya. Tuntas semua kekhawatiran saya. Akhirnya saya bisa juga masuk ke Thailand. Si Agung sampe ngakak ngeliat roman muka saya yang legaaaaaa banget. Karena sebelumnya, walaupun saya udah dapat kepastian dari Arun bahwa gak akan ada masalah, tetep aja ada kekhawatiran sampe makan tak enak tidur tak dapat di pesawat tadi. Tapi ternyata semua berjalan lancar. Dan kami bersiap mencari jemputan. Saya telpon juga sih ke Arun, soalnya baru inget bahwa kami gak tahu tentang pick-up arrangement-nya (benar-benar rencana perjalanan yang kacau beliau. Don't try that at home). Sama Arun disuruh tunggu di depan Gate (dia tanya gate yang mana yang terdekat sama kami), nanti LO-nya akan jemput. Nunggu punya tunggu, lama juga gak muncul2. Kami pikir dia akan muncul dari dalam bandara, considering dia udah ada di bandara sejak tadi. Sementara di seberang jalan bandara ada beberapa orang teriak2 narik perhatian kami. Kata Audi, itu bukan orangnya? Kata saya, bukan ah, itu kayaknya supir taksi (karena di sana banyak taksi parkir). Trus Agung dijemput sama supirnya. Dia pulang, sementara saya dan audi masih mejeng depan gate 7. Kok lama juga ya. Saya terus ngeliatin arah Agung pergi. Eh, ada seorang cowok megang kertas bertulisan macam2 dan lambang-lambang. Berhubung mata minus dan gak pake kacamata, saya ragu2 juga tapi kayaknya kok mirip lambang ACDM (ASEAN Committee on Disaster Managemen, 'payung'nya AHA Centre), ya? Akhirnya saya ajak Audi ngedeketin ke sana. Ternyata memang bener itu LO yang diutus ngejemput kita. Alhamdulilllaaahhhh... We don't know how long he's been there waving that board on this 3 ignorant people. Hihihi..... Maap ya om, gak ngerti sih bhw situ gak bisa masuk ke bandara.

Tapi katanya dia disuruh jemput 4 orang. Trus dia unjukin daftar nama orang yg harus dia jemput. Lha, kok namanya pak Nardi, pak Samidjan dan rombongan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)? Dengan bahasa inggris sederhana (buat ngimbangin dia yg inggrisnya patah-patah gitu), saya berusaha jelasin bhw rombongan itu udah datang dari kemarin dan sekarang harusnya udah di pattaya. Terus saya cari aja nama kami berdua di list itu. Ada sih nama Nuzulia, tapi belakangnya Murakami. Ealaaaaahhhh... Apalagi toh ini? Ya udahlah, saya bilang aja ini nama saya, ini nama Audi. Terus kami masih nunggu 10 menit lagi just in case ada orang indonesia lainnya (yg saya yakin banget gak ada). Akhirnya berangkat juga ke Pattaya seekitar jam 3 kurang seperapat.

Sampai hotel jam 4 lewat dikit. Check in kamar, isi formulir, dapat kunci, makan waktu sekitar setengah jam. Saya masuk kamar jam 4. Si Dina sama Fenny udah lelap sekali (we share a room, the 3 of us). Ya udah, diem2 saya mandi (lengket banget soalnya. Ternyata Thailand itu guerah setengah mati je), dan siap2 tidur. Akhirnya merebahkan diri di tempat tidur jam 5-an. Baru aja mata mau merem, sekitar jam 5 lewat dikit, alarm clock-nya si Dina nyala. Apparently dia mau shalat subuh.*^&%!@$$%$@!!!! Untungnya langsung dia matiin lagi. Dan tertidurlah saya dengan sukses. Not for long though, karena acara mulai jam 8. Jadi deh saya cuma tidur dari jam 5 sampe jam 7. Yah, lumayan deh daripada nggak sama sekali (typical indonesian, semua kejadian masih bisa diambil sisi positifnya. Kekekeke.....)

To be continued yaaa...

Lesson learnt: jangan lupa periksa expired date semua dokumen2, ya. Mau itu passport kek, KTP, SIM, STNK, kartu KB, pokoke semua yang ada expired date-nya dicek deh. Daripada keblinger kayak saya. Believe me, deg-degannya ngalahin sensasi naik roller coaster manapun!!!

No comments: