Thursday, June 21, 2007

Untung ada Titan

Mama sudah beberapa lama jadi anggota pasif di NCC, ajang para pakar masak itu lhooo.... Eits, bukan berarti mama juga pakar. Pan udah dibilang barusan, jadi anggota pasif, soale minder sama anggota lain yang dah pakar2 itu. Jadi mama di milis jarang bersuara, diem-diem nimbain ilmu aja dari mereka. Hehehehe.....

Salah satu nama yang sering disebut-sebut di milis adalah toko bahan kue Titan. Dikit-dikit Titan. Ada kursus masak di Titan. Beli aja di... Titan. Sampe penasaran juga, kayak apa sih yang namanya Titan itu? Tapi berhubung letaknya agak jauh dari rumah dan di deket rumah udah ada TBK yang lumayan komplit, ya mama nelen ludah aja deh sambil ngebayangin, paling gak jauh beda deh sama TBK itu. Sampai akhirnya tiba suatu masa Mama kesampean juga maen ke sana. Gini lho ceritanya (sebenernya agak lama juga sih, tapi belum sempet diceritain di sini).

Pada hari itu kuturut ayah... Eh bukan. Hari itu kan ulang tahunnya Reyhan. Sebenernya sih kami gak ngadain acara apa-apa, karena kemarin udah bikin acara di sekolahnya Reyhan berhubung hari ulang tahunnya bertepatan dengan tanggal merah. Jadi 2 hari sebelum acara di sekolah itu mama udah siap2 bikin kue ultah (yang rada gede karena bakal dimakan sama teman-teman dan guru-gurunya) dan juga nyiapin goodie bagsnya. Gak tanggung-tanggung, buat 32 orang! Abis itu rasanya mama gubrak!! banget. Itu pertama kalinya bikin macem2 dalam partai besar. Padahal udah dibantu 2 asisten. Trus kepikiran, astaganaga, kok bisa ya ada orang yang melakukan ini setiap hari (maksudnya temen2 di NCC yang sering terima order kayak begini). Wah, mama acungin 4 jempol deh buat mereka (kalo punya 10 jempol, semuanya mama acungin).

Jadilah di hari ultahnya sendiri, mama cuma nyiapin kue ultah (Again!) buat dimakan sekeluarga dan makanan yang rada istimewa. Tapi, karena yang namanya Reyhan itu cucu pertama dan kesayangan neneknya, gak mungkin la yaw mereka gak dateng ke acara ultahnya. So, siang itu muncul deh nenek, inyik, om Afi dan tante Vivi. Eeeehhh.... ternyata muncul juga Bik Aan (adiknya nyokap yang nomor 5) dan Om Alik suaminya. Ya udah, rame-rame kita nyanyi lagu, tiup lilin dan potong kue.

Pas acara potong kue, si Bik Aan terkagum-kagum liat kue yang mama bikin. "Bagus yaa... Itu foto bisa dimakan? (Mama pake edible power ranger-red), Eh krimnya enak ya, gak bikin eneg..." dst, dsb. Langsung deh naluri sales nyokap keluar. Dengan semangat '45 dia ngomporin Bik Aan supaya mesen kue sama mama. Entah karena emang tertarik atau karena gak enak dikomporin kakaknya, akhirnya beliyaw pesen juga kue sama mama buat acara hantaran BESOK! Heeeh??? Jadi mama harus bikin kue itu malam ini dan besok siang harus dah selesai. Sanggupkah? Tanpa pikir panjang, langsung aja mama bilang SANGGUP, Jendral!!( Ups, gak pake kata jendral sih).

Pas mereka dah pulang dan mama lihat-lihat persediaan bahan kue, baru deh mama panik. Oalaaa.... Udah habis semua buat bikin 2 kue gede dan 32 cupcakes kemaren. Aduh duh duh.... gimana nih? TBK deket rumah itu pasti tutup karena hari libur nasional. Oiya... coba tanya Titan deh, siapa tahu buka. Sambil berdoa panjang pendek, mama cari nomor telepon toko Titan dan langsung coba nelpon. Eh, diangkat. Langsung mama tanya, mbak, tokonya hari ini buka gak? Si mbak itu dengan ramah ngejawab, buka kok bu. Sampai jam 7 malem. Alhamdulillaaaah... Selamet, selamet (Bukan namanya mbak itu Slamet lho ya...). Langsung aja deh mama minta dianter bapak ke Fatmawati. Akhirnya semua ikut, karena anak-anak mana mau ditinggal pergi bapak-mama?

Sampai di Titan Fatmawati jam setengah enam. Karena anak-anak tidur selama di perjalanan ke toko, jadi cuma mama aja yang masuk sementara bapak nunggu anak-anak di mobil. Kata bapak, gak lama kan? Iya, mama udah catet kok apa-apa yang mau dibeli. Ambil barangnya, bayar, beres. Ternyata, rencana tinggal rencana. Begitu masuk, mau kalap rasanya mama ngeliat barang yang ada di sana. Lengkap bangeettt.... Bagus-bagus. Tokonya nyaman pula. Trus pelayannya ramah dan helpfull (eh ini beneran lho, bukan sekedar promosi buta. Kan mama dah punya toko pembanding). Akhirnya mama malah asyik sendiri; pilih2 bahan kue, hiasan kue, kotak kue, eh spuit juga belum lengkap, sekalian aja deh. Wah, cetakan coklat lagi diskon nih, lumayan. Apalagi ya? Aduuh... siapa sih yang nelpon, orang lagi asik begini? Ups, bapak. Ya, ya... sebentar lagi selesai kok. Oya, udah gelap ya diluar? Iya deh, mama bayar dulu yaa... Hihihi....

Akhirnya semua selesai setelah mama menghabiskan waktu kurang lebih satu jam di toko (Hehehe... pantes aja bapak sampe misuh-misuh. Anak-anak juga udah bangun semua). Yaa... maklum lah, namanya juga ibu-ibu. Kalo udah belanja suka lupa waktu deh (dan lupa isi dompet. Kekekekek...) Akhirnya karena udah maghrib, trus kami shalat dulu di mushalla-nya Titan. Itu satu lagi kelebihan Titan, ada mushalla yang nyaman. Jadi gak khawatir ketinggalan waktu shalat. Setelah selesai shalat, pulang deh. Dan memang udah waktunya, karena begitu kami keluar, tokonya langsung tutup karena ternyata kami pembeli terakhir. Dah waktunya tutup euy.

Malem itu, mama langsung bikin kuenya (brownies kukus coklat lapis ganache). Paginya, mama langsung hias pake buttercream dan bunga hiasan yang beli di Titan semalam. Sementara hiasan daun di pinggirnya itu pake fondant. Waktu anak-anak bangun, taaraaaa.... kuenya udah selesai. Ini lho, fotonya.

Cantik ya kuenya (*narsis mode on*). Fyi, ini pesanan resmi pertama mama lho. Dan pertama kalinya juga mama bisa bikin kue serapi ini (due to the fact tiadanya gangguan anak-anak ketika menghias kue ini :D). Jadi ya lumayan seneng juga. Dan waktu sang pemesan datang buat ngambil, mereka juga puas dengan hasilnya. Terbayar deh semua kehebohan dan kecapekan mama kemarin. Berkat Titan yang udah bantu mama hingga bisa mewujudkan pesanan ini. Makasih ya Titan...

No comments: