Wednesday, June 06, 2007

Kelinciku

Kami punya anggota keluarga baru. Namanya kinci, karena itu ucapan adek buat bilang kelinci :D. Waktu kami beli sebulan lalu, umurnya baru 3 bulan dan masih keciiilll deh. Ternyata sekarang udah gendut begitu. Habis kerjanya makan tidur aja sih. Awalnya sih dari keinginan mama untuk pelihara binatang supaya anak-anak belajar menyayangi binatang. Karena itu mama gak mau beli ikan, karena pelihara ikan kan gak terasa. Gak bisa dielus-elus pula. Tadinya mama usul pelihara hamster, tapi bapak gak setuju karena katanya sejenis tikus, geli jadinya. Bapak inginnya ayam kate atau burung beo, tapi sekarang kan lagi musimnya flu burung tokh. Akhirnya kita sepakat beli kelinci.

Pertama-tama beli di pameran tanaman. Sepasang anak kelinci warna putih dan abu-abu. Reyhan kasih nama Gery dan Lery (kayak keongnya spongebob). Ternyata, si gery putih yang doyan makan itu tanpa sepengetahuan kita makan daun Zodia yang sedianya untuk mengusir nyamuk (daunnya wangi). Besoknya dia sakit, trus gak lama lewat deh. Sedih banget. Ternyata, setelah mama baca di internet, tanaman yang wangi itu biasanya beracun. Pantes aja.

Seminggu kemudian kita ke toko hewan buat beli temen si Lery dan makanan kelinci. Jadilah dipilih si kinci ini. Tapi ternyata umur si Lery gak panjang juga. Beberapa hari berdua kinci, dia nyusul si Gery. Jadi deh si kinci sendirian sampe sekarang. Mungkin kekuatan kelinci dari toko hewan sama dari peternakan beda ya? (Yang pasti harganya beda :P). Makanannya jg rada beda. Si Gery dan Lery terbiasa makan rumput, sementara si Kinci doyan banget pelet.

Balik ke soal sebab musabab pelihara kelinci, keinginan tinggal keinginan. Si kinci itu pinter banget, dia udah kenal suara mama. Begitu mama ke belakang, dia pasti langsung loncat nyamperin karena tahu biasanya mama bawain makanannya dia atau cuma dielus-elus. Dengan catatan..... mama gak diikutin anak-anak. Begitu denger suara adek atau kakak, langsung kabur dia. Soalnya anak-anak senengnya megang dan mencet dia. Bahkan adek lebih parah, didudukin! Untung gak mejret!

5 comments:

Bunda Faikar said...

waaakkk
baby dah gede gini yaa....
padahal waktu ditengok dulu baru lahir ya Ly...ternyata oh ternyata...
itu kelinci apa nggak gigit???
paling parno deh liat binatang :))

Ewi dan F3 (Fikri, Fira Faiz) said...

kelinci ternyata tak semanis keluarga peter rabit

Vie said...

Aku punya 3 ekor marmut, mbak. Kayaknya kelinci kan agak2 samaan ya cara menjaganya dengan marmut. Musim panas kukeluarin biar makan rumput.

Lam kenal, mbak!

Vie said...

Makasih mbak dah mampir ke tempatku.
Marmut gak sama dgn hamster. Marmut besarnya ampir sama dgn kelinci. Marmut bertelinga imut dan tak berekor. Mereka juga makan pelet disini yang terbuat dr rumput dan segala tetek bengeknyalah. Kalo makanan segar, ya bokcoi, wortel sekali-sekali, apel, anggur, buncis, timun dan paprika ijo. Semuanya kupotong bite size.
Duuuh... aku bisa keterusan nih klo cerita tentang marmut.

Change e-mail said...

wah..sampai sekarang saya belum tau perbedaan spesefik antara mahmud, eh..marmut ama kelinci..
some1 explain please