Monday, November 30, 2020

Peranan dalam komunitas

 Dibuat sebagai aliran rasa Babak 2 Orientasi Kampung Komunitas Ibu Profesional

Terus terang setiap kali mendapat tugas lembar main dari Kampung Main Ibu Profesional ini rasanya saya seperti 'dipaksa' untuk berintrospeksi dan berpikir ulang mengenai diri dan potensi saya. Tugas yang ke-2 ini pun demikian. 

Namun saya seperti mendapat pencerahan, karena teringat dengan lembar main #1 yang sudah diberikan dan diselesaikan sebelumnya. Di sana saya dipaksa berkaca dan mengenai potensi-potensi diri saya. Lalu di sini saya diminta merencanakan apa yang akan saya lakukan jika saya sudah bergabung dengan komunitas yang saya inginkan yaitu Rumbel GnO.

Sejenak saya merenung, apa potensi diri saya ya? Saya telusuri lagi pilihan2 saya di Lembar Main#1. Saya memiliki hasrat belajar yang tinggi. Saya memiliki koneksi yang cukup luas, termasuk dengan komunitas pencinta lingkungan, lembaga-lembaga pemerintahan dan expert di berbagai bidang. Saya biasa bekerja mengkoordinir berbagai acara pelatihan dan seminar. Saya mampu menghubungkan banyak orang dari berbagai sektor dan merangkainya dalam satu kegiatan yang bermanfaat bagi banyak pihak. Jadi apa yang bisa saya lakukan kalau sudah bergabung dengan Rumbel pilihan saya?

Ahaaa.... saya tau apa yang akan saya kerjakan. Segera saya tulis di kapsul waktu saya dan saya simpan baik-baik untuk saya buka lagi 6 bulan kemudian. Bisa saja rencana itu tak terlaksana, tapi semoga bisa berjalan sesuai harapan. Yang terpenting adalah niat bahwa saya ingin melakukan apa yang bisa saya lakukan bagi lingkungan, komunitas dan diri saya sendiri dengan sebaik-baiknya. Insya Allah bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Aamiinn yaa Rob....



No comments: