Monday, October 29, 2007

Perjalanan Mudik part 1

Pasti tau lagunya Ebiet G. Ade yang kayak gini dong ya:

Perjalanan ini, terasa sangat menyedihkan.
Sayang engkau tak duduk di sampingku kawan.
dst, dst.

Nah, gimana kalau kata ini gw ganti dengan kata 'mudik' hingga lagunya jadi kayak judul posting di atas? :D (silahkan nyanyiin sendiri yaa...).

Begini ceritanya.

Kami merayakan lebaran hari Sabtu. Karena tahun lalu ayahnya nyokap (alias kakekku tercinta) dah meninggal dunia, jadi tahun ini adik2 nyokap sepakat ngumpul di rumah nyokap. Padahal adik gw seorang dah janji sama istrinya mo pulang kerumah ortunya H-1, jadilah cuma nyo-bok dan gw sekeluarga yang jadi tuan rumah para tante, om dan sepupu itu. Gw sih gak keberatan, secara emang demen kumpul2 ama mereka gitu lho. Masalahnya, suami yang ortunya baru pindah tahun lalu ke Purwokerto (banyak kejadian emang tahun lalu itu. Kakek meninggal, mertua pindah ke purwokerto) pingin juga ke tempat bokapnya. Maklum lah, namanya jg lebaran. Trus, abangnya ngajakin pergi abis shalat Ied. Yaaa... nggak mungkin kan? (lihat alasan diatas). Jadilah disepakatin kami berangkat sendiri di H+1 (which accidentally juga adalah hari ultah gw).

Dari H-2 gw dah sibuk bikin 4 kue coklat guede. 2 pesenan adek ipar, 1 buat nyokap dan 1 lagi buat dibawa ke purwokerto. Pagi itu, pas belanja, Reyhan liat kulit ketupat trus minta dibikinin ketupat. Sumpah, seumur-umur gw blm pernah bikin ketupat sendiri (duluuuu sih sering bantuin nyokap waktu gw SD-SMA, tp selalu dibawah strict supervision. Gak pernah boleh ngisi ketupat sendiri). Tp gw inget kok pesen beliyaw, ngisi kulitnya setengah lebih dikiiittt... Jadilah, dgn baca bismillah, gw lakonin jg bikin ketupat. Gak banyak sih, cuma 20. Yang gw gak sadar, ternyata ngerebus ketupat itu makan waktu 3,5 jam bo'. Ealaaahhh.... tau gitu gak bikin deh. Tapi apa boleh bulat, ketupat dah diisi. Ya udah, lakonin aja. Jadi H-1, gw bikin ketupat, sayur pepaya dan opor ayam buat dimakan sekeluarga (makanan wajib aja sih). Dan alhamdulillah, gak ada yang gagal alias sukses semuanya walopun berjibaku ngerjain sendiri tanpa bantuan siapapun!

Besoknya, pas lebaran, habis shalat Ied dan silaturahmi sama tetangga, kami ke rumah nyokap. Dan yang aneh tahun ini (seperti kata Vita), lebaran tahun ini macet dimana-mana. Jadi aja para sodara2 itu baru nyampe rumah jam 1. Tuh kan, coba kalo berangkat bareng kakak ipar, alamat gak ketemu mereka deh. Itupun mereka gak lama2, karena kudu lebaran ke sodara2 yang laen. Jadi deh, pulang ke rumah jam 5.

Malemnya, waktu mau beres2 buat berangkat besok pagi, adek bungsu mas telpon. Katanya anaknya kena DB, diopname di rumahsakit. Ya Allah, ada aja ya? Jadi deh langsung ke RS, krn si adek nelponnya sampe nangis2 gitu. Pas sampe di sana, ternyata ada adiknya yang satunya sekeluarga. Ya udah, sekalian lebaran. Mrk gak ke purwokerto tahun ini, krn anaknya adik bungsu di rumah sakit dan adik satunya punya bayi umur 1 bulan (how I envy them :D).

Ngobrol wara wiri, pulang sampe rumah jam 9. Langsung beberes serabutan, kelar jam 11 malem. Paginya, rencana berangkat jam 6, apa daya bangun aja udah jam setengah 6. Belum beresin rumah yang berantakan. Belum nyiapin anak2 dan bekal2. Akhirnya, jam 9 baru beres. Pas mau jalan sekitar jam 10, bokap telpon, minta mampir dulu karena mobilnya mogok jadi perlu di jump-start (kebetulan kita punya kabel sambungannya). Jadi aja, mampir dulu ke LA. Bener2 jalan dari LA menuju Purwokerto jam 11.

Perjalanan dari LA ke tol cikampek lumayan mulus, thanks to tol cikunir yg baru buka. Tapi pas deket cikarang, muaceeetttt... banget. Hampir gak bergerak. Padahal udaranya puanaaasss banget. Kenapa sih? Ternyata ada bus mogok ditengah jalan. Astaganaga banget dah. Sampe di Bandung selatan jam 2.30. Untung ada tempat peristirahatan, jadi bisa makan dan shalat dulu. Pas liat bagasi, ya ampuuunnn... kotak akuarium kura-kura masih ada (rencananya mau dititip di LA). Dan para kuranya udah tewas dengan sukses. Kepanasan kayaknya di bagasi itu. Kasihan kura2ku. Jadilah mereka dimakamkan di bawah salah satu pohon di rest area itu.

Satu jam kemudian, jalan lagi. Keluar tol Cileunyi, belok kanan ke arah nagrek, gak jauh dari situ kena macet lagi. Macet cet, gak bergerak. Sampe jam 5, akhirnya mas mutusin buat balik aja, nginep di bandung. Krn kl diterusin pun pasti sampe di purwokerto sekitar tengah malam, padahal kami gak hapal jalannya. Drpd celaka, mending istirahat dulu deh.

Jadilah kami balik badan ke Bandung, cari hotel. Muter2 nanya beberapa hotel di bandung selatan, penuh semua (iyalah, malem minggu). Akhirnya ketemu satu hotel yg masih punya 1 kamar kosong, tanpa ba bi bu langsung ambil (walopun ternyata kamarnya ada di basement dan gak pake AC pdhal harganya lumejen). Gw cuma bisa ngelus dada. Sabar.... sabar... And it was my birthday. What an unforgettable birthday present!

to be continued (lanjutannya lebih seru lagi :D)

No comments: